Senin, 01 Desember 2014

Dispatch Rilis “Q&A” Mengenai Kontroversi Kontrak B.A.P dengan TS Entertainment

Di tengah kontroversi kontrak antara B.A.P dan agensi mereka, TS Entertainment, Dispatch telah mengungkapkan sesi Q&A eksklusif dari sisi B.A.P, akan lebih mendalam ke dalam masalah tersebut.

Secara keseluruhan, Dispatch bertanya total 21 pertanyaan yang mengungkap informasi lebih lanjut mengenai hubungan antara TS Entertainment dan B.A.P, serta detail kecil tentang keuangan, kontrak, dan banyak lagi.

137
Q1. Jadi selama kurang lebih tiga tahun promosi, apakah mereka menerima 1.800.000 won untuk penghasilan mereka?
D. Tepatnya itu 1.790.000 won. B.A.P telah menandatangani kontrak dengan TS Entertainment pada bulan Maret 2011. Mereka memulai debutnya pada bulan Januari 2012. Namun, hingga Juni 2014 mereka tidak pernah menerima pembayaran tunggal. Mereka menerima pembayaran pertama mereka pada tanggal 31 Juli 2014 dan jumlah nya adalah ₩ 1.790.000 per orang.

Q2. Jika dibagi lebih dari 40 bulan, itu sekitar 500.000 won per bulan.
D. Dalam kasus B.A.P, tempat tinggal, makan, transportasi, dan biaya hidup lainnya ditanggung oleh perusahaan. Setidaknya selama promosi mereka, mereka tidak membutuhkan uang pribadi mereka sendiri. Namun, berbeda dalam kasus pribadi. Sebagai contoh, para anggota harus meminjam uang dari keluarga mereka ketika mereka memiliki biaya rumah sakit. Salah satu kenalan B.A.P mengatakan, “Mereka tidak punya pilihan selain bergantung pada keluarga mereka untuk biaya rumah sakit” dan “Mereka tidak punya pilihan selain bertahan untuk masa depan mereka.”

Q3. Apa syarat-syarat perjanjian antara B.A.P dan perusahaan mereka?
D. Menurut kontrak yang telah diterima ‘Dispatch’, pembagian keuntungannya jauh. Pertama, pendapatan album dibagi 1 : 9 (1 = B.A.P ; 9 = perusahaan). Mereka diberi 10% dari penjualan merchandise.

Q4. 10% dari penjualan? Atau 10% dari keuntungan?
D. Apa pun yang tersisa dari biaya barang dagangan. Pada dasarnya, 10% dari laba bersih. Sebagai contoh, B.A.P menjual boneka “Matoki”. Katakanlah laba bersih untuk boneka seharga 20.000 won adalah 6.000 won, B.A.P akan mendapatkan 10% dari laba bersih sehingga mereka akan menerima 600 won (10% dari 6.000 = 600). Dan kemudian akan dibagi ⅙, karena jumlah anggota 6 orang. Jadi setiap anggota akan mendapatkan 100 won.

Q5. Apakah kontrak 1 : 9 masih tetap ada saat ini?
D. Mungkin. B.A.P telah menyepakati tarif keuntungan. Tapi, mulai dari album ketiga, pembagian telah diubah menjadi 2:8. B.A.P telah merilis 11 album sejauh ini. Tapi mereka hanya memiliki satu album resmi. Pada dasarnya, B.A.P masih menerima 10% dari keuntungan album.

216

32

Q6. B.A.P lebih terkenal di luar negeri. Apa keuntungan untuk pertunjukan di luar negeri?
D. Pembagian keuntungan untuk konser, acara, dan pertunjukan adalah 5:5. Ini adalah sebuah pembagian yang lebih tinggi dari pembagian album. Biaya pertunjukkan komersial, penjualan majalah, dll juga dibagi setengah. Namun, kami tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah penjualan tersebut telah dihitung dengan benar dan dicatat. Sisi B.A.P berpendapat bahwa keuntungan dari penampilan luar negeri adalah trik.

Q7. Trik macam apa yang ada dalam perhitungan penampilan di luar negeri?
D. Jaminan untuk penampilan di luar negeri adalah keuntungan yang jelas. Namun, perusahaan telah mencatat laba ini sebagai biaya pengeluaran. Menurut pernyataan yang Dispatch terima, pembayaran 12 ratus juta untuk penampilan di Jepang tercatat sebagai biaya pengeluaran. 100.004.000 won untuk biaya kontrak majalah juga dicatat sebagai biaya pengeluaran.
Juga, pembayaran keseluruhan 1.790.000 tidak spesifik. Sebagai contoh, pembayaran tidak disebutkan apakah itu sebuah album, iklan, penampilan siaran, atau event. Pada dasarnya, mereka dikontrak untuk memiliki pembagian 1:9, 2:8, dan 5:5 tapi tidak disebutkan pembagian pembayaran tersebut untuk kategori apa. Oleh karena itu, mereka tidak dapat mengetahui berapa banyak yang mereka dapatkan dari pembagian keuntungan.

Q8. B.A.P menuduh bahwa ada penjumlah yang salah.
D: Itu benar, misalnya, “biaya Public Relation yang tidak diketahui.” Jika Anda melihat pernyataan dari bulan Januari tahun ini, perkiraan 16 ratus juta won telah dicatat untuk “biaya PR yang tidak diketahui.”, dalam laporan kedua dari bulan Juli tahun ini, “biaya PR” telah menyusut ke 2 ratus juta won. Sebaliknya, “biaya promosi album” baru telah ditambahkan. Sisi B.A.P telah meminta penjelasan mengenai 15 ratus juta won dalam kategori biaya promosi album.

Q9. Apa sikap perusahaan pada biaya promosi album?
D. Kami telah bertanya pada kepala akuntan “Pembayaran dari biaya promosi album digunakan untuk apa?” Kepala akuntan berkata, “Itu masuk ke rekening pribadi CEO jadi saya tidak tahu.” Sisi B.A.P telah meminta untuk membaca laporan pengalihan tapi ditolak. Sisi B.A.P berharap bahwa bagian ini akan terungkap di persidangan.

41

Q10. Mengapa B.A.P menunggu tiga tahun untuk membuka masalah ini?
D. Mereka telah meminta laporan rekening sejak akhir 2013. Perusahaan tidak mengungkapkan apa-apa tahun itu, dan Januari 2014 adalah pertama kalinya mereka mengungkapkan laporan rekening. Namun, untuk mencegah kebocoran informasi di luar, perusahaan hanya memperbolehkan mereka untuk melihatnya sebentar. Mereka (perusahaan) menambahkan bahwa mereka tidak punya uang untuk membayar. Perusahaan mengatakan kepada B.A.P bahwa biaya pengeluaran lebih besar dari penjualan sehingga mereka bingung.

Q11. Apakah orang tua B.A.P menerima fakta-fakta tersebut?
D. Menurut laporan rekening pertama perusahaan, keuntungan dari Maret 2011 sampai Desember 2013 adalah negatif 5 ratus juta won (kredit). B.A.P telah meminta laporan rekening sekali lagi dengan bantuan dari seorang pengacara pada bulan Maret 2014. Dan kemudian mereka menerima cek laporan rekening kedua di bulan Juli 2014.

Q12. Bagaimana rincian laporan rekening di bulan Juli 2014?
D. Pada bulan Januari 2014 (2011 – Desember 2013), pernyataannya negatif (kredit). Namun, pernyataan di bulan Juli (2011 – Juni 2014) pernyataan telah kembali ke positif (debit). Selama enam bulan, laba bersih meningkat lebih dari enam ratus juta won. Juga perusahaan telah membayar setiap anggota sebesar 1.790.000 won.

Q13. Bagaimana bisa kelompok yang dirugikan berubah menjadi kelompok yang menguntungkan?
D. Menurut laporan di rekening kedua, selama tiga tahun terakhir B.A,P telah menerima total keuntungan 99 ratus juta won. Total pengeluaran di bawah 93 ratus juta won. Jadi, mereka tiba-tiba berubah menjadi debit enam ratus juta won. Pembayaran 200 juta won dari penampilan CJ tercatat sebagai penjualan. Di sini, keuntungan komersial bertambah menjadi 400 juta won, setidaknya. Pernyataan akun pertama untuk keuntungan merchandise dari 900 juta won telah berubah menjadi 260 juta dalam laporan rekening kedua.

Q14. Apa yang paling dipertanyakan B.A.P?
D. Pembagian keuntungan 5:5 untuk pertunjukkan. B.A.P berargumen bahwa keuntungan penampilan Jepang dan penampilan CJ tidak tercatat dengan baik. Pertama, sebagian dari keuntungan penampilan Jepang tercatat sebagai biaya pengeluaran. Biaya penampilan CJ berbeda dari skala pembagian yang mereka tahu.
Bahkan jika mereka percaya pada pernyataan perusahaan pernyataan, itu di luar akal sehat. Jika mereka menyerah pada keuntungan penampilan Jepang dan menerima pembagian 5:5 dari pertunjukan CJ… setiap anggota akan menerima setidaknya 100.000.000 won. Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, itu tidak bisa dimengerti dan tidak masuk akal.

5

Q15. Maka perlu untuk meninjau lagi kontrak?
D: Kontrak adalah kontrak 7 tahun mulai dari bulan Maret 2011. Namun, secara teknis lebih dari 7 tahun, karena kontrak mulai tidak dari waktu kelompok itu dibuat, tapi dari waktu album pertama dirilis. Album debut BAP dirilis pada Januari 2012. Menurut ini, kontrak akan berakhir pada bulan Januari 2019. Pada dasarnya, panjang kontrak BAP adalah 7 tahun dan 10 bulan.

Q16. Diketahui bahwa panjang kontrak normal adalah 7 tahun.
D: Ada klausul tertentu dalam kontrak. Berdasarkan Pasal 3 dari kontrak, “Kontrak akan berakhir hampir 7 tahun dari rilis album pertama.” Mereka telah menyatakan bahwa butuh satu tahun untuk mempersiapkan kegiatan hiburan yang sukses. Mereka telah menggunakan taktik ini untuk memperpanjang kontrak panjang.

Q17. Bagian kontrak apa yang diperdebatkan B.A.P sebagai kontrak ‘budak’?
D: Berdasarkan Pasal 3 Bagian 5, jika mereka tidak lagi dapat berpartisipasi dalam kegiatan hiburan karena urusan pribadi, mereka akan memperpanjang ketentuan kontrak. Pada dasarnya, dalam menanggapi tugas militer, atau dirawat di rumah sakit selama lebih dari 30 hari karena masalah pribadi, mereka akan memperpanjang jangka kontrak untuk jumlah waktu yang sama.
Pernyataan “hak dan tanggung jawab” di Pasal 6 juga menangkap mata kita. Jika Anda melihat Bagian 6, menyatakan bahwa jika mereka menerima kritik publik karena penggunaan narkoba, hubungan tidak senonoh dengan lawan jenis, dan lain-lain, semua tanggung jawab dan kerugian berikut akan dikompensasi oleh orang tersebut.
Pasal 16 tentang ‘kompensasi’ juga menakjubkan. Dari saat kontrak telah berakhir, rata-rata penjualan bulanan dikalikan dengan jumlah bulan yang tersisa. Sebagai contoh, B.A.P telah menerima total 99 ratus juta dolar lebih dari 3 tahun. Mereka memiliki sekitar 49 bulan kontrak tersisa. Jika mereka mengakhiri kontrak sekarang dan kompensasi, mereka harus membayar 140 ratus juta dolar.

Q18. Kita tahu bahwa ini mirip dengan perusahaan lain juga.
D: perusahaan entertainment di Korea kembali ke sistem promosi. Mereka menginvestasikan banyak uang untuk membesarkan penyanyi. Terutama di perusahaan-perusahaan kecil, jika penyanyi tidak berhasil, perusahaan harus bertanggung jawab atas semua kerugian. Itu sebabnya mereka membuat ketentuan kontrak selama mungkin, tidak menghitung tahun-tahun wajib militer.

6

Q19. B.A.P telah menyadari semua ini dan masih menandatangani kontrak.
D: B.A.P telah memahami bagian-bagian itu. Mereka mengatakan “Bukan berarti kami tidak memahami risiko awal perusahaan. Itulah sebabnya kami bertahan pada kontrak yang tidak adil dan bahkan tidak dibayar selama 3 tahun.” Mereka ingin tahu apakah perusahaan telah melakukan apa yang mereka janjikan dalam kontrak. Pada dasarnya, itu adalah masalah kepercayaan.

Q20. Masalah kepercayaan, di mana masalahnya?
D: Pada tanggal 19 Oktober anggota A telah dibawa ke ruang UGD karena kelelahan akibat stres yang ekstrim dan kerja lembur. Saat ia sedang mendapatkan suntikan di kamar rumah sakit, perwakilan perusahaan telah muncul. Itu karena anggota tersebut harus pergi ke Changwon untuk tampil.
Pada tanggal 24 Oktober, ada juga masalah ketika MBC memiliki penampilan di Cina. B.A.P telah mengatakan mereka tidak bisa pergi ke Cina untuk tampil karena masalah kesehatan. Mereka bahkan memberikan pada perusahaan catatan dokter. Namun, perwakilan perusahaan mengatakan, “Jika perusahaan siaran menggugat kami, Anda semua akan bertanggung jawab penuh,” dan memaksa mereka untuk pergi tampil.

Q21. Bagaimana proses yang terjadi setelah mereka mengajukan gugatan?
D: B.A.P telah menyatakan bahwa ini bukan hanya masalah dengan pembayaran. Mereka telah diperas terus dari uang yang mereka hasilkan di masa lalu dan khawatir tentang masa depan. Mereka bertanya bagaimana mereka bisa memiliki visi ke depan dengan kepercayaan yang sudah rusak. Itulah sebabnya mereka memutuskan untuk menuntut untuk pembatalan kontrak mereka dan keuntungan yang tidak adil.
Hukum akan memutuskan hasil kontrak yang tidak adil TS Entertainment. Namun, TS akan membutuhkan penjelasan untuk laporan pembayaran mereka. Mereka harus menjelaskan bagaimana B.A.P dibayar sebanyak itu dan membuktikannya. Jika ternyata uang itu digunakan untuk alasan pribadi, B.A.P akan menggugat CEO perusahaan untuk penggelapan dan lebih banyak pelanggaran.



Source: koreaboo
Indo trans by: tiarakim@koreanindo.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar